PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM KURIKULUM 2013 DI SD SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Rizqa Yuni Arsih , 1401415076 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM KURIKULUM 2013 DI SD SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM KURIKULUM 2013 DI SD SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM KURIKULUM 2013 DI SD SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (798kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran dan tingkat intelektual siswa, karena berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran dapat ditentukan pada hasil belajar siswa. Faktor yang memengaruhi hasil belajar ada dua yaitu, faktor dari dalam dan faktor dari luar. Salah satu faktor dari dalam yaitu motivasi belajar dan faktor dari luar yaitu ketersediaan sarana prasarana sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam kurikulum 2013 di SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 232 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probality Sampling dengan jenis sampling Simple Random Sampling. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga untuk sampel penelitian sejumlah 148 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji mulitikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Analisis akhir dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, analisis determinasi, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa kelas IV dalam kurikulum 2013 di SD se Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan thitung > ttabel (9,744 > 1,976) dan persentase 39,4%; (2) ada pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV dalam kurikulum 2013 di SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal thitung > ttabel (9,407 > 1,976), dan persentase 37,7%; (3) ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam kurikulum 2013 di SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan Fhitung > Ftabel (65,705 > 3,058), dan persentase 47,5%. Saran dalam penelitian ini, diharapkan pihak sekolah dan siswa dapat meningkatkan pemanfaatan dan motivasi belajar, sehingga hasil belajar yang diperoleh baik, serta untuk peneliti lanjutan dapat meneliti faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 20:42
Last Modified: 13 Jan 2020 20:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34533

Actions (login required)

View Item View Item