HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Diah Malaka Syakilah , 1401415075 (2019) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat keberhasilan muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Patarukan Kabupaten Pemalang masih belum optimal, karena 60% materi yang dibelajarkan belum dikuasai dengan baik oleh siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, diantaranya yaitu kreativitas guru dan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV, menguji ada tidaknya hubungan metode pembelajaran dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV serta menguji ada tidaknya hubungan kreativitas guru dan metode pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN di Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang dengan jumlah 179 siswa dan sampel penelitian sejumlah 126 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kreativitas guru dan hasil belajar IPA SD dengan nilai koefisien korelasi 0,659; ada hubungan antara metode pembelajaran dan hasil belajar IPA SD dengan nilai koefisien korelasi 0,712; ada hubungan antara kreativitas guru dan metode pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA yang nilai koefisien korelasinya 0,803. Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar IPA kelas IV, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran dengan hasil belajar IPA kelas IV, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan metode pembelajaran dengan hasil belajar IPA kelas IV. Disarankan guru dapat meningkatkan kekreatifannya dalam melakukan percobaan serta menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA; Kreativitas guru; Metode pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 20:40
Last Modified: 13 Jan 2020 20:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item