HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG
Desti Pusparini , 1401415073 (2019) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang diketahui banyak siswa memperoleh hasil belajar IPS dibawah KKM dikarenakan antara lain variasi gaya mengajar guru yang monoton dan rendahnya kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPS kelas V; (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas V; dan (3) menguji hubungan antara variasi gaya mengajar guru dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V SDN di Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 197 siswa dan sampel berjumlah 143 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPS kelas V dengan koefisien korelasi sebesar 0,616; (2) terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas V dengan koefisien korelasi sebesar 0,569; (3) terdapat hubungan antara variasi gaya mengajar guru dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V dengan koefisien korelasi sebesar 0,738. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPS kelas V, terdapat hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas V, dan terdapat hubungan variasi gaya mengajar guru dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V. Saran untuk guru hendaknya memaksimalkan pengadaan variasi dalam gaya mengajarnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk kemandirian belajar siswa hendaknya guru mengetahui karakteristik siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPS, kemandirian belajar siswa, variasi gaya mengajar guru,. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 20:37 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 20:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34531 |
Actions (login required)
View Item |