PENGARUH KEDISIPLINAN SEKOLAH DAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD DABIN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Anggita Rafika Dewi , 1401415071 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN SEKOLAH DAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD DABIN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEDISIPLINAN SEKOLAH DAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD DABIN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN SEKOLAH DAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD DABIN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (851kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi dasar untuk kemajuan bangsa. Keberhasilan pendidikan dilihat dari tingkat ketercapaian hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya yaitu: disiplin sekolah dan pemberian PR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan sekolah dan pemberian PR terhadap hasil belajar PKn kelas III SD Dabin 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, dan didapatkan sampel 148 siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik yaitu analisis Kendall’s Tau dan uji regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan nilai koefisien Nagelkerke sebesar 0,824 dan nilai signifikansi 0,000 artinya kedisiplinan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn secara positif sebesar 82,4% (2) hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan nilai koefisien Nagelkerke sebesar 0,774 dan signifikansi 0,000 artinya pemberian pekerjaan rumah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn secara positif sebesar 77,4% (3) hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan nilai koefisien Nagelkerke sebesar 0,857 dan signifikansi 0,000 artinya kedisiplinan sekolah dan pemberian pekerjaan rumah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn secara positif sebesar 85,7% sedangkan 14,3% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Simpulan, kedisiplinan sekolah dan pemberian PR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SD Dabin 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Semakin tinggi kedisiplinan sekolah dan pemberian PR, maka semakin tinggi hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, hendaknya guru tegas menerapkan disiplin dan memperkuat fungsi PR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn; Kedisiplinan Sekolah; Pemberian Pekerjaan Rumah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 20:33
Last Modified: 13 Jan 2020 20:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item