PENGARUH GAYA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Eni Tri Sulistya Rahayu , 1401415069 (2019) PENGARUH GAYA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GAYA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (993kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat diketahui melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu gaya belajar dan fasilitas belajar. Perbedaan gaya belajar dan fasilitas belajar yang dimiliki siswa dapat menghasilkan hasil belajar yang beragam pula. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 162 siswa. Variabel pada penelitian ini meliputi, gaya belajar (X1), fasilitas belajar (X2), dan hasil belajar matematika (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi (R2), dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (4,833 > 1,981). Korelasi sebesar 0,409 dengan sumbangan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 16,8%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (4,799 > 1,981). Korelasi sebesar 0,407 dengan sumbangan pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 16,6%; dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel (25,185 > 3,075). Korelasi sebesar 0,552 dengan sumbangan pengaruh gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 30,5%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan orang tua, guru, dan sekolah saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam membimbing siswa dalam belajar sesuai dengan gaya belajarnya, serta meningkatkan fasilitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah untuk mencapai hasil belajar matematika yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar; Gaya Belajar; Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 20:07
Last Modified: 13 Jan 2020 20:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item