KEEFEKTIFAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III SD GUGUS SULTAN AGUNG, KECAMATAN MEJOBO, KABUPATEN KUDUS


Ike Fitria Wijayanti , 1401415059 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III SD GUGUS SULTAN AGUNG, KECAMATAN MEJOBO, KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III SD GUGUS SULTAN AGUNG, KECAMATAN MEJOBO, KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III SD GUGUS SULTAN AGUNG, KECAMATAN MEJOBO, KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (841kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan peneliti di kelas III SD Gugus Sultan Agung melalui wawancara dan data dokumen, diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia belum optimal terutama pada keterampilan menulis karangan narasi. Guru hanya menggunakan model STAD yang berpusat pada guru, sehingga keaktifan siswa kurang dan mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan model experiential learning karena model ini dapat memberikan kesempatan yang sama bagi siswa untuk mengungkapkan ide atau cerita sesuai dengan yang dialami siswa sehingga diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Gugus Sultan Agung dan sampel penelitian yaitu siswa kelas III SD 1 Mejobo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SD 1 Jepang sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 83,72 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 76,34. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung (3,421)>ttabel (1,998) sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan model experiential learning lebih tinggi dibandingkan dengan model STAD. Rata-rata n-gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,11<0,33). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83% dibandingkan kelas kontrol yaitu 72%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model experiential learning efektif digunakan dalam keterampilan menulis karangan narasi. Saran bagi guru yaitu hendaknya memilih model inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Dalam penelitian ini experiential learning diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Experiential learning, menulis, narasi, aktivitas siswa, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 19:50
Last Modified: 13 Jan 2020 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34517

Actions (login required)

View Item View Item