PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Ardini Ratih Kusumadewi , 1401415056 (2019) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (476kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk skor. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal menunjukkan sebanyak 32,35% siswa belum tuntas dalam memenuhi KKM. Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah kebiasaan membaca dan sumber belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan membaca dan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang menggunakan KTSP sebanyak 136 siswa dengan jumlah sampel penelitian 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,064 > 1,983) dengan pengaruh sebesar 13,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,381 > 1,983) dengan pengaruh sebesar 22,1%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca dan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (17,835 > 3,086) dengan pengaruh sebesar 26,1%. Disimpulkan bahwa kebiasaan membaca dan sumber belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, kebiasaan membaca, sumber belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 16:51 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 16:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34507 |
Actions (login required)
View Item |