HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD GUGUS CUT MEUTIA, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG
Farah Ummu Masnunah , 1401415055 (2019) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD GUGUS CUT MEUTIA, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD GUGUS CUT MEUTIA, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penguasaan kosakata berkaitan erat dengan jumlah kata yang harus dikuasai oleh seseorang. Pada dasarnya penguasaan kosakata sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari, kaitannya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain disekitar kita. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan untuk membuat karangan narasi, siswa banyak mengeluh ketika diberi tugas menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik sampel jenuh dengan jumlah 111 siswa kelas V SD gugus Cut Meutia, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata dan minat baca sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis narasi. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji product moment berbantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis narasi yaitu 0,648 dengan kontribusi sebesar 42%, dan hubungan minat baca dengan kemampuan menulis narasi yaitu 0,644 dengan kontribusi sebesar 41,5%, serta hubungan penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi yaitu 0,788 dengan kontribusi sebesar 62%, sisanya 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi. Peneliti menyarankan agar pihak sekolah menyediakan fasilitas penunjang kegiatan membaca bagi siswa-siswanya, antara lain majalah dinding sekolah, majalah dinding kelas, perpustakaan sekolah, poster-poster di setiap sudut sekolah, serta menyediakan koleksi buku yang bervariatif agar meningkatkan minat baca yang nantinya dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis narasi, minat baca, dan penguasaan kosakata |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 15:19 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 15:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34506 |
Actions (login required)
View Item |