HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Miftahudin Rohmatulloh , 1401415048 (2019) HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (747kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kreativitas dan kemandirian menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gugus Dwija Harapan diketahui bahwa kreativitas dan kemandirian siswa masih rendah ditandai dengan daya imajinasi dan inisiatif siswa masih perlu dikembangkan serta siswa masih belum bisa mandiri dalam menyelesaikan persoalan dalam belajar, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendahditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara kreativitas dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang yang berjumlah 205. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Propotional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,604 > 0,176) dengan taraf signifikasi 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,684 > 0,176) dengan taraf signifikasi 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan kreativitas dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,720 > 0,176) dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan kreativitas dan kemandirian dengan hasil belajar IPS Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa dan guru dapat bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau proses belajar siswa saat di rumah, sehingga kreativitas dan kemandirian siswa menjadi baik dan dapat memeperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, kemandirian, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 15:13
Last Modified: 13 Jan 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item