HUBUNGAN MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SUNAN GIRI KABUPATEN DEMAK


Ridha Nurfiani , 1401415046 (2019) HUBUNGAN MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SUNAN GIRI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SUNAN GIRI KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SUNAN GIRI KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (946kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SDN Gugus Sunan Giri Kabupaten Demak berdasarkan survey lapangan menunjukkan bahwa minat belajar pada saat kegiatan pembelajaran yang tergolong masih rendah dikarenakan fasilitas atau sarana dan prasarana belum lengkap. Minat dan fasilitas belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS beberapa siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Sunan Giri Kabupaten Demak; (2) untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Sunan Giri Kabupaten Demak; (3) untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Sunan Giri Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 154 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling yang berupa pengambilan subjek dari setiap wilayah ditentukan secara seimbang. Variabel penelitian yaitu minat dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, korelasi sederhana, korelasi ganda dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel yaitu 0,701 > 0,185. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel yaitu 0,562 > 0,185. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel yaitu 0,725 > 0,185. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS. Saran dari peneliti yaitu perlunya upaya menciptakan minat belajar meskipun fasilitas belum lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Fasilitas belajar, Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 15:08
Last Modified: 13 Jan 2020 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34503

Actions (login required)

View Item View Item