PENGEMBANGAN MEDIA DORIANG (LUDO GEOMETRI RUANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 02 TEGALMLATI KABUPATEN PEMALANG


Novia Ulfah , 1401415039 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA DORIANG (LUDO GEOMETRI RUANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 02 TEGALMLATI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA DORIANG (LUDO GEOMETRI RUANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 02 TEGALMLATI KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA DORIANG (LUDO GEOMETRI RUANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 02 TEGALMLATI KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (528kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas V SDN 02 Tegalmlati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena cara mengajar guru yang masih menjelaskan rumus saja, dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media DORIANG (Ludo Geometri Ruang) untuk pembelajaran matematika, menguji kelayakan media, serta menguji keefektifan media DORIANG (Ludo Geometri Ruang) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 02 Tegalmlati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dilaksanakan dengan mengacu model pengembangan menurut Sugiyono meliputi tahap pengumpulan informasi permasalahan dan pemecahan masalah, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk, dan produksi masal. Peneliti tidak melakukan produksi masal karena kendala biaya. Analisis data penelitian dilakukan melalui uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli materi diperoleh nilai 90,63% dan oleh ahli media diperoleh nilai 97,5% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai pretest dan postest menggunakan uji t berpasangan dengan t hitung 12,107 dan t tabel 2,063 sehingga thitung > ttabel dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media DORIANG (Ludo Geometri Ruang) layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 02 Tegalmlati. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media DORIANG (Ludo Geometri Ruang)sebagai salah satu media untuk melatih keterampilan perhitungan volume bangun ruang dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Selain itu peneliti juga mengharapkan agar guru dapat mengembangkan permainan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan kompetensi pedagogis dalam melaksanakan tugasnya sebagai fasilitator pendidikan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar matematika, DORIANG (Ludo Geometri Ruang)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 14:57
Last Modified: 13 Jan 2020 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item View Item