KEEFKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KABUPATEN BLORA


Tria Setyorini , 1401415036 (2019) KEEFKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (KEEFKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (956kB) | Preview

Abstract

Hasil prapenelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Blora melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa hasil belajar IPS belum optimal dikarenakan guru belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan model pembelajaran inovatif yang diterapkan tidak dilaksakakan secara maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Make A Match berbantuan flash card terhadap hasil belajar IPS materi Keberagaman di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Blora dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 01 Gadu sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 02 Gadu sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan flash card efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Keberagaman di Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,895 sedangkan ttabel sebesar 2,030, thitung lebih besar dari ttabel (2,895 > 2,030) yang berarti model Make A Match berbantuan flash card lebih efektif terhadap hasil belajar IPS materi Keberagaman di Indonesia. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, nilai n-gain pada kelas eksperimen adalah 0,489 tergolong kriteria sedang dan nilai n-gain pada kelas kontrol adalah 0,26 tergolong kriteria rendah. Simpulan hasil penelitian ini adalah model Make A Match berbantuan flash card efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Keberagaman di Indonesia pada siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Blora. Saran hendaknya siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan baik sebelum melaksankan pembelajaran guna mewujudkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPS; keefektifan; make a match
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 14:47
Last Modified: 13 Jan 2020 14:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34499

Actions (login required)

View Item View Item