HUBUNGAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN DEMAK
Candra Rahmawati , 1401415026 (2019) HUBUNGAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN DEMAK)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan media pembelajaran yang memiliki banyak fungsi untuk membantu melancarkan kegiatan belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar juga penting diberikan kepada siswa dalam mendorong kegiatan belajar siswa. Data hasil wawancara menunjukkan bahwa penggunaan fungsi media pembelajaran dari kegiatan belajar belum maksimal. Siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda dan beberapa siswa masih rendah, sehingga hasil belajar IPS dari beberapa siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi media pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak; (2) Untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak; dan (3) Untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dengan sampel sebanyak 100 siswa. Variabel penelitian adalah media pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas, serta uji hipotesis meliputi uji t, uji korelasi sederhana, uji F, dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi media pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jendral Sudirman Kabupaten Demak dengan rhitung sebesar 0,216 pada taraf kesalahan 5%; (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak dengan rhitung sebesar 0,267 pada taraf kesalahan 5%; dan (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak dengan rhitung sebesar 0,501 pada taraf kesalahan 5%. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Semua pihak baik guru maupun siswa sebaiknya memaksimalkan fungsi media pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar yang baik agar mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi media pembelajaran, hasil belajar, dan motivasi belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 14:25 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 14:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34496 |
Actions (login required)
View Item |