HUBUNGAN MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Zumrotul Muflikhah , 1401415025 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran IPS banyak yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa memiliki minat baca yang berbeda – beda dan sebagian siswa memiliki minat baca yang rendah pada pelajaran IPS. Selain itu, beberapa siswa kurang disiplin pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar IPS beberapa siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menguji apakah ada hubungan signifikan dan positif antara minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang; (2) Untuk menguji apakah ada hubungan signifikan dan positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang; (3) Untuk menguji apakah ada hubungan signifikan dan positif antara minat baca dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bersifat simetris atau sejajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, dengan sampel sebanyak 127 siswa. Variabel penelitian adalah minat baca, disiplin belajar, dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas, serta uji hipotesis meliputi uji t, uji korelasi sederhana, uji F, dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya hubungan yang signifikan dan positif antara minat baca terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,390 dengan r tabel sebesar 1,76 dan taraf kesalahan 5%, (2) adanya hubungan yang signifikan dan positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,295 dengan r tabel sebesar 1,76 dan taraf kesalahan 5%, (3) adanya hubungan yang signifikan dan positif antara minat baca dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,4004 dengan dengan r tabel sebesar 1,76 dan taraf kesalahan 5%, Simpulan penelitian yaitu minat baca dan disiplin belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Sehingga dalam meningkatkan hasil belajar IPS perlu ditumbuhkan minat baca dan menjadikan disiplin belajar menjadi kebiasaan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, hasil belajar IPS, minat baca |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 14:22 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 14:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34495 |
Actions (login required)
View Item |