KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KEPATIHAN KOTA KEBUMEN
Nur Azizah Wulandari , 1401415023 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KEPATIHAN KOTA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KEPATIHAN KOTA KEBUMEN)
- Published Version
Download (435kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN Gugus Kepatihan, Kota Kebumen. Kecenderungan guru menerapkan metode ceramah dengan model yang belum inovatif dan menyenangkan yaitu directive learning mengakibatkan perolehan hasil belajar yang belum maksimal. Dari 145 siswa di SDN Gugus Kepatihan, Kota Kebumen, terdapat 60% dari jumlah siswa yang hasil belajarnya belum mencapai KKM. Selain itu, penggunaan media yang belum bervariasi mengakibatkan sebagian besar siswa kurang termotivasi selama proses pembelajaran. Rumusan masalah yang diajukan yaitu Apakah model snowball throwing berbantuan media video lebih efektif dibandingkan dengan model directive learning berbantuan media video terhadap hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Kepatihan Kota Kebumen? Tujuan penelitian untuk menguji keefektifan model snowball throwing berbantuan media video dibandingkan dengan model directive learning berbantuan media video terhadap hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Kepatihan Kota Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Kepatihan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian ini yaitu SDN 4 Kutosari sebagai kelas kontrol, dan SDN 7 Kutosari sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil belajar dianalisis dengan independent sample t-test dan uji n-gain untuk mengukur keefektifan model snowball throwing berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 78,18 dan rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 72,73. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPA; keefektifan; media video; model snowball throwing |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 14:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 14:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34494 |
Actions (login required)
View Item |