KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA


Desy Martalia Crenata , 1401415020 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Selama ini dalam proses pembelajaran matematika, guru telah menerapkan model pembelajaran inovatif yaitu model Group Investigation namun belum optimal terutama pada materi Bangun Datar. Agar pembelajaran matematika dapat optimal, maka diperlukan model yang tepat dalam pembelajaran matematika. Model NHT menjadi inovasi untuk mengatasi kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model Numbered Head Together dan model Group Investigtion, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data akhir menggunakan uji z, uji t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT efektif terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji z menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen zhitung (1,885) > ztabel (1,64), maka siswa kelas eksperimen dikatakan tuntas klasikal, hasil uji t menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen dengan model NHT lebih tinggi daripada hasil belajar di kelas kontrol dengan model GI dengan nilai thitung (6,450) > ttabel (1,68). Berdasarkan uji n-gain, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai n-gain kelas eksperimen dengan model NHT sebesar 0,670 dan kelas kontrol dengan model GI sebesar 0,414 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian adalah model NHT efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Saran yang dapat disampaikan yaitu sekolah dapat mendukung pelaksanaan model-model pembelajaran inovatif dalam kegiatan belajar-mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, keefektifan, matematika, model NHT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:13
Last Modified: 10 Jan 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34492

Actions (login required)

View Item View Item