PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Fadlilah Falah Syifa , 1401415019 (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembelajaran di sekolah dikatakan berhasil dapat dilihat dari hasil belajar yang didapatkan siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu pengelolaan kelas dan fasilitas belajar. Pengelolaan kelas dan fasilitas belajar merupakan faktor eksternal yang dapat memengaruhi pencapaian hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD se-Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa sekolah dasar. Variabel pada penelitian ini meliputi pengelolaan kelas (X1), fasilitas belajar (X2), dan hasil belajar Matematika (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling tipe Proportional Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini telah memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (5,485 > 1,983). Korelasi sebesar 0,474. Untuk besar sumbangan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 22,4%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (4,886 > 1,983). Korelasi sebesar 0,432. Untuk besar sumbangan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 18,7%; dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (20,797 > 3,085). Korelasi sebesar 0,536. Untuk besar sumbangan pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 28,8%. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru dapat mengatasi kejenuhan siswa dengan memberi cerita humor terkait materi pembelajaran. Pihak sekolah disarankan dapat menyediakan fasilitas belajar di kelas yang sesuai standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika, Pengelolaan Kelas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:05
Last Modified: 10 Jan 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34491

Actions (login required)

View Item View Item