HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG
Annisa Dyah Rahayu , 1401415017 (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (835kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pada kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang berdasarkan survey lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa yang kedua orang tuanya bekerja sehingga waktu untuk memperhatikan dan mendampingi anak belajar kurang. Selain itu, sebagian siswa cenderung memiliki kemandirian yang kurang terutama pada kegiatan belajarnya. Pola asuh orang tua dan kemandirian belajar siswa menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya hubungan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, (2) adanya hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, (3) adanya hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Proportional Random Sampling, dengan sampel sebanyak 125 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, Method of Succesive Interval (MSI), uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji signifikasi, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan dan positif antara pola asuh orang tua dan hasil belajar IPA siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,661, (2) terdapat hubungan signifikan dan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,593, (3) terdapat hubungan yang kuat antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,771. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan dan positif antara pola asuh orang tua, kemandirian belajar, dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Sehingga dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa, orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan guru hendaknya menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Kemandirian Belajar, dan Pola Asuh Orang Tua. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 20:37 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 20:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34490 |
Actions (login required)
View Item |