Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa melalui Layanan Pembelajaran dalam Bidang Bimbingan Belajar di Kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004.


JAKOBUS HIERONYMUS SARDJANA,, 1314962097 (2005) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa melalui Layanan Pembelajaran dalam Bidang Bimbingan Belajar di Kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa melalui Layanan Pembelajaran dalam Bidang Bimbingan Belajar di Kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004.]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa melalui Layanan Pembelajaran dalam Bidang Bimbingan Belajar di Kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004.) - Published Version
Download (77kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “sebagian besar siswa kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang prestasinya rendah dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa”. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk “mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa” setelah memperoleh layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan belajar. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang yang berjumlah 45 siswa dan berperan sebagai variabel input. Variabel prosesnya adalah implementasi strategi pembelajaran melalui layanan pembelajaran dalam bidang bimingan belajar. Variabel outputnya adalah hasil belajar siswa yang berupa peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa. Dengan demikian, penelitian ini termasuk penelitian populasi. Penelitian ini didisain dengan mengacu pada konsep Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi prosedur (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan statistik deskriptif. Keberhsilan penelitian ini diukur dengan indikator keberhasilan, yaitu “sekurang-kurangnya 85% siswa memahami, menguasaai, dan dapat menggunakan bahasa ngoko dan krama dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa secara baik dan benar dengan skor minimal 70”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan belajar yang diberikan secara intensif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di kelas V SD Rejomulyo 03 Kota Semarang. Pada akhir siklus II siswa yang mencapai skor minimal 70 ada 39 siswa (86,67%). Nilai rata-rata tes awal hanya 51,22. Akhir siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,45. Akhir siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 70,89. Dari hasil penelitian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa dapat dilakukan dengan memberikan layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan belajar secara intensif. Sehubungan dengan hal tersebut, disarankan agar guru berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pemberian layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan belajar bukan hanya dalam mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa saja tetapi juga dalam mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:02
Last Modified: 25 Apr 2015 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item