KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG


Nela Listiana , 1401415016 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (734kB) | Preview

Abstract

Hakikat IPS di sekolah dasar memberikan pengetahuan dasar dan pemikiran mengenai kondisi sosial di lingkungan siswa yang diharapkan mampu mencetak generasi yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya. Dari data pra penelitian yang dilakukan di SDN Gugus Wijaya Kusuma melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait penggunaan media visual yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah media audio visual lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media audio visual terhadap hasil belajar IPS dan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Wates 02 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Bringin 01 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,844>1,993) dengan taraf signifikansi= 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,32483 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,22884 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata kreativitas siswa sebesar 69% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase kreativitas siswa sebesar 47%. Simpulan penelitian ini adalah media audio visual efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Saran penelitian selanjutnya adalah ketika menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual harus dipersiapkan dan direncanakan sebaik-baiknya sehingga pembelajaran menjadi efektif dan memperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPS; media audio visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 20:34
Last Modified: 09 Jan 2020 20:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34489

Actions (login required)

View Item View Item