KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI TAMBAKROMO PATI
Yumna Khoirida , 1401415012 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI TAMBAKROMO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI TAMBAKROMO PATI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui kegiatan observasi, angket, wawancara, dan data dokumentasi di SDN Gugus Kartini Tambakromo Pati pada siswa kelas IV diperoleh beberapa masalah dalam pembelajaran IPS yang disebabkan oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan media gambar, tetapi dalam pelaksanaannya belum optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model Problem Based Learning berbantuan media leaflet lebih efektif bila dibandingkan dengan model Talking Stick terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Tambakromo Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media leaflet terhadap hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dan mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Tambakromo Pati. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Tambakromo Pati dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Keben sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Sinomwidodo 03 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,696>2,106) dengan taraf signifikansi= 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,3991 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,2117 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 76% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 66%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media leaflet efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya adalah ketika menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media leaflet harus sesuai dengan sintaks model PBL sehingga pembelajaran menjadi efektif dan memperoleh hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; IPS; keefektifan; leaflet; Problem Based Learning. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 20:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 20:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34487 |
Actions (login required)
View Item |