KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS ABDULRAHMAN SALEH KENDAL
Khanifah Kurniasih , 1401415007 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS ABDULRAHMAN SALEH KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS ABDULRAHMAN SALEH KENDAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA kelas V SD Gugus Abdulrahman Saleh Kendal yang disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan belum optimal. Guru masih menggunakan model belajar kelompok tradisional yang belum kooperatif dan penggunaan media pembelajaran yang belum variatif. Model kelompok tradisional yang diterapkan guru tersebut membuat siswa pasif dalam pembelajaran serta tidak mampu berfikir kritis memecahkan masalah dalam pembelajaran untuk membangun pengetahuannya sendiri. Perlu adanya penerapan model inovatif dan penggunaan media dalam pembelajaran IPA yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan masalah tersebut model yang sesuai yaitu model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Model PBL melatih siswa berfikir kritis dan memiliki keterampilan memecahkan masalah secara logis dan sistematis. Media audio visual membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri dan memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan penerapan model PBL berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Gugus Abdulrahman Saleh Kendal. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design yang melibatkan sampel sebanyak 57 siswa kelas V dari SD Negeri 1 Bebengan dan SD Negeri 3 Bebengan. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t untuk sampel independen dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji independent sample t-test hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung = 5,579 > t tabel = 2,000, dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Uji n-gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan nilai n-gain hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,47 (kategori sedang). Simpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan kelompok tradisional terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Gugus Abdulrahman Saleh Kendal. Saran peneliti untuk guru adalah perlu adanya penerapan model inovatif dan penggunaan media pembelajaran sesuai materi dan kebutuhan siswa untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi pemilihan model inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), audio visual, hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 20:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 20:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34486 |
Actions (login required)
View Item |