KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS LARASATI SEMARANG


Wiwik Fatmawati , 1401415004 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS LARASATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS LARASATI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS LARASATI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian di kelas V SDN Gugus Larasti Semarang diperoleh data bahwa hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA rendah. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yakni model belajar kelompok. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran inovatif yakni Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media flipbook interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media flipbook interaktif dibandingkan dengan model belajar kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Larasati Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Pakintelan 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pakintelan 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media flipbook interaktif lebih efektif dibandingkan dengan model belajar kelompok. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2.920221651) lebih besar dari ttabel (1.673564906) yang berarti rata-rata hasil posttest pada kelas eskperimen lebih besar dibandingan rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol. Hasil uji N-gain untuk kelas kontrol sebesar 0.29878 yang menunjukkan peningkatan pada taraf rendah, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0.45212 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Simpulan penelitian ini yaitu model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media flipbook lebih efektif daripada model belajar kelompok terhadap hasil belajar IPA. Pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media flipbook sebaiknya memperhatikan beberapa hal diantaranya perencanaan dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Teams Games Tournament; hasil belajar; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 20:00
Last Modified: 09 Jan 2020 20:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34485

Actions (login required)

View Item View Item