KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JATI MULYO BLORA


Ellen Yolla Arnikesari , 1401415002 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JATI MULYO BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JATI MULYO BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JATI MULYO BLORA) - Published Version
Download (380kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas IV SDN Gugus Jati Mulyo Blora mempunyai permasalahan pada hasil belajar pada muatan IPA yang masih rendah. Penerapan model belajar kelompok menyebabkan beberapa siswa kurang bekerjasama dan bertanggungjawab dengan tugas kelompoknya. Selain itu media yang digunakan kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah model Snowball Throwing berbantuan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan model belajar kelompok terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus Jati Mulyo Blora? Tujuan penelitiannya yaitu Untuk menguji keefektifan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual dibandingkan dengan model belajar kelompok terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus Jati Mulyo Blora. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivanlent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Jati Mulyo Blora. Sampel penelitian ini yaitu SDN Harjowinangun sebagai kelas eksperimen, dan SDN 3 Pengkolrejo sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dengan bentuk pilihan ganda. Data hasil belajar dianalisis dengan independent sample t-test dan uji n-gain untuk mengukur keefektifan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 77,33 dan kelas kontrol sebesar 70,75. Hasil uji hipotesis menunjukkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPA, keefektifan, model Snowball Throwing, media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 19:55
Last Modified: 09 Jan 2020 19:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34483

Actions (login required)

View Item View Item