PENGARUH GAME DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Charis Ainur Rifqi , 1401414462 (2019) PENGARUH GAME DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game dan kedisiplinan siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, serta seberapa besar kontribusi game dan kedisiplinan terhadap perubahan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan teknik area sampling dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis korelasi sederhana dapat dilihat pada nilai Pearson Correlation, untuk game dengan hasil belajar siswa sebesar 0,403 dengan nilai signifikansi 0,000, untuk kedisiplinan dengan hasil belajar siswa sebesar 0,576 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai korelasi tersebut pada interval 0,400 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh variabel tersebut masuk kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,594 dengan nilai signifikansi 0,000, karena nilai korelasi tersebut pada interval 0,400 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh game dan kedisiplinan secara bersama-sama masuk kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan. Hasil koefisien determinasi game dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa sebesar R2 = 0,353. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh game dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan besar kontribusi 35,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game, Hasil Belajar Siswa, Kedisiplinan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 19:47
Last Modified: 09 Jan 2020 19:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item View Item