PENGEMBANGAN BUKU AJAR CERITA RAKYAT MUATAN LOKAL BERBASIS DRAMATIK PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI UNTUK SISWA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS


Maysita Christy Pramandari, 2601414111 (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR CERITA RAKYAT MUATAN LOKAL BERBASIS DRAMATIK PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI UNTUK SISWA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601414111dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menceritakan kembali isi teks cerita rakyat, merupakan salah satu kompetensi dasar pembelajaran bahasa Jawa yang harus dikuasai siswa. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013, materi teks cerita rakyat harus disesuaikan dengan lingkungan siswa. Pada kenyataannya, ketersediaan bahan ajar cerita rakyat muatan lokal masih tergolong langka. Sehingga, guru dan siswa masih kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013. Diperlukannya bahan ajar yang sesuai dengan lingkungan siswa, agar siswa dapat menerapkan nilai-nilai luhur cerita rakyat pada lingkungan sekitarnya. Bahan ajar tersebut nantinya dapat menambah minat dan motivasi siswa, untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan pengembangan buku ajar cerita rakyat muatan lokal berbasis dramatik pada pembelajaran menceritakan kembali untuk siswa SMP kelas VII di Kabupaten Kudus. Tujuan dari penelitian ini yang pertama mendeskripsikan analisis kebutuhan guru dan siswa, kedua penyusunan prototipe, dan ketiga mendapatkan validasi dan hasil uji ahli prototipe. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Sumber data penelitian diperoleh dari tiga sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Kudus, SMP Negeri 3 Kudus, dan SMP Negeri 2 Mejobo Kudus. Total keseluruhan sumber data penelitian adalah 3 guru mata pelajaran bahasa Jawa dan 65 siswa kelas VII. Kemudian untuk validasi dilakukan oleh 2 uji ahli. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan siswa dan guru, dan angket uji ahli. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data kebutuhan guru dan siswa menunjukkan respon positif, adanya pengembangan buku ajar cerita rakyat muatan lokal berbasis dramatik pada pembelajaran menceritakan kembali untuk siswa SMP kelas VII di Kabupaten Kudus. Hasil validasi uji ahli juga menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar cerita rakyat muatan lokal, layak digunakan dengan perbaikan pada kegiatan pembelajaran bahasa Jawa. Saran dari penelitian ini adalah diperlukannya penelitian lanjutan yaitu uji coba produk buku ajar, untuk meningkatkan kualitas buku ajar tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku ajar, cerita rakyat, berbasis dramatik
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 19:46
Last Modified: 09 Jan 2020 19:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34480

Actions (login required)

View Item View Item