PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEMAR (SERIAL MENGENAL APRESIASI RAMAYANA) MATERI CERITA RESI JATAYU
Putri Yuni Apriyani, 2601414088 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEMAR (SERIAL MENGENAL APRESIASI RAMAYANA) MATERI CERITA RESI JATAYU. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara guru di MTs Negeri 2 Tegal, SMP Negeri 2 Slawi dan SMP Negeri 3 Slawi menunjukkan peserta didik kurang menguasi materi cerita Ramayana (Resi Jatayu) dikarenakan rendahnya penguasaan ragam krama peserta didik, cara mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dann minimnya media pembelajaran. Mengatasi beberapa masalah tersebut, maka dikembangkan model pembelajaran SEMAR yang dapat memudahkan peserta didik memahami isi cerita dengan cara berapresiasi cerita bersambung dengan media bergambar serial wayang. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap model pembelajaran SEMAR, (2) menyusun prototipe model pembelajaran SEMAR, (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap model pembelajaran SEMAR. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sesuai kebutuhan dan tujuan penelitian, maka prosedur dalam penelitian ini disederhanakan menjadi lima tahapan, yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peserta didik dan guru membutuhkan model pembelajaran yang menarik dan memudahkan memahami isi cerita Ramayana (Resi Jatayu), selain itu mampu mengasah keterampilan peserta didik dengan cara berapresiasi menampilkan cerita, (2) prototipe model pembelajaran SEMAR berbentuk buku yang berisi pengertian model pembelajaran SEMAR, tujuan model pembelajaran SEMAR, media pendukung model pembelajaran SEMAR, prinsip model pembelajaran SEMAR, tata ruang kelas, panduan penggunaan model pembelajaran SEMAR, tahapan model pembelajaran SEMAR, silabus dan RPP (3) hasil uji validasi ahli menyebutkan bahwa model pembelajaran SEMAR sudah layak, akan tetapi dengan beberapa perbaikan. Peneliti menyarankan model pembelajaran SEMAR perlu diujicobakan guna mengetahui keefektifan model pada pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, apresiasi, materi, cerita Resi Jatayu |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 19:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 19:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34478 |
Actions (login required)
View Item |