PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION CERITA FABEL UNTUK BAHASA JAWA SD KELAS RENDAH DI KABUPATEN MAGELANG


Annisak Maulani, 2601414061 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION CERITA FABEL UNTUK BAHASA JAWA SD KELAS RENDAH DI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601414061dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran bahasa Jawa di SD kelas rendah selama ini belum dikembangkan dengan baik. Melalui penelitian pengembangan media berupa video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa untuk pembelajaran bahasa Jawa di SD kelas 1 dan 2 ini, media pembelajaran dapat dikembangkan menjadi lebih variatif lagi. Kemudian rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru terhadap media video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa untuk pembelajaran bahasa Jawa SD kelas rendah, (2) bagaimana prototipe media video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa untuk pembelajaran bahasa Jawa SD kelas rendah, dan (3) bagaimana hasil uji validasi ahli media dan materi terhadap media video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa untuk pembelajaran bahasa Jawa SD kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan lima langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, dan (5) revisi desain produk. Data untuk penelitian ini berupa (1) data informasi proses pembelajaran dan media pembelajaran cerita fabel yang diambil dari hasil observasi di SD Negeri 1 Sriwedari kelas rendah, (2) data kebutuhan media video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa yang diambil dari hasil wawancara kepada guru dan siswa kelas rendah SD Negeri 1 Sriwedari, dan (3) data hasil uji validasi produk oleh dosen ahli (media dan materi) yang dilakukan menggunakan angket validasi untuk mengevaluasi prototipe. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kebutuhan terhadap media pembelajaran cerita fabel berbahasa Jawa kepada guru dan siswa di SD Negeri 1 Sriwedari kelas rendah, dikembangkanlah media pembelajaran berupa video stop motion cerita fabel berbahasa Jawa. Media yang dikembangkan merupakan media audio visual yang dibuat dengan teknik animasi stop motion sederhana. Pengembangan media video stop motion ini bertujuan untuk membantu siswa SD kelas rendah dalam memahami isi cerita fabel berbahasa Jawa, sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi cerita fabel tersebut. Peneliti juga memberikan saran kepada guru agar menggunakan video stop motion cerita fabel sebagai media pembelajaran bahasa Jawa di SD kelas rendah. Selain itu, guru sebaiknya mengulas kembali cerita fabel dalam video sebelum digunakan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerita fabel, media pembelajaran, video stop motion
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 19:05
Last Modified: 09 Jan 2020 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34475

Actions (login required)

View Item View Item