HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Sri Lestari Anggun PND , 1401413514 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (739kB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar dan tersedianya fasilitas belajar menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas V di SDN Gugus Larasati diketahui bahwa kebiasaan belajar dan fasilitas belajar masih kurang memadai. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. yang berjumlah 204 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Propotional Stratified Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,339 > 0,014) dengan taraf signifikasi 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,315 > 0,019) dengan taraf signifikasi 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan fasilitas dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,956 > 0,026) dengan taraf signifikasi 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) dapat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 31,81% dan 68,19% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang (2) Terdapat hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Guggs Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang(3) Terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dan fasilitas belajar secara bersama – sama dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru adalah agar senantiasa ikut serta dalam mengarahkan kebiasaan belajar dan memanfaatkan fasilitas belajar agar hasil belajar maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan belajar,fasilitas belajar,hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 18:53
Last Modified: 09 Jan 2020 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item