KEEFEKTIFAN MUSIK DAN ASMAUL HUSNA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II SDN WONOLOPO 02 - 03 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Murni Nur Cahyanti , 1401413443 (2019) KEEFEKTIFAN MUSIK DAN ASMAUL HUSNA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II SDN WONOLOPO 02 - 03 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MUSIK DAN ASMAUL HUSNA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II SDN WONOLOPO 02 - 03 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MUSIK DAN ASMAUL HUSNA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II SDN WONOLOPO 02 - 03 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dimuat dalam KTSP dan salah satu materi penting yang dipelajari adalah Asmaul Husna. Berdasarkan pra-penelitian diperoleh data hasil belajar PAI di SDN Wonolopo 02 - 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang belum maksimal dalam pembelajaran materi Asmaul Husna dan media pembelajaran belum mendukung pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar PAI. Salah satunya dengan menggunakan media musik dan Asmaul Husna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah efektif pembelajaran PAI menggunakan media musik dan Asmaul Husna terhadap hasil belajar PAI materi Asmul Husna kelas II SD? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media musik dan Asmaul Husna dalam pembelajaran PAI materi Asmaul Husna dan mengetahui keefektifan media musik dan Asmaul Husna dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SDN Wonolopo 02 dan SDN Wonolopo 03 di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Dengan pengambilan sampel menggunaan sampling jenuh sehingga terpilih kelas II SDN Wonolopo 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas II SDN Wonolopo 03 sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan thitung (3,532) > ttabel (1,668) dan nilai signifikan 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh media musik dan Asmaul Husna terhadap hasil belajar PAI siswa kelas II SDN Wonolopo 02 - 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Saran untuk guru hendaknya kreatif membuat media yang inovatif dan sesuai dengan materi pembelajaran PAI sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk siswa diharapkan lebih aktif berpartisipasi dan antusias dalam pembelajaran sehingga tercipta suasana yang membangkitkan semangat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asmaul Husna, Hasil Belajar PAI, Musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 18:50
Last Modified: 09 Jan 2020 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34471

Actions (login required)

View Item View Item