PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS CERITA BERBASIS KONTEKS SEBAGAI IMPLEMENTASI PITUTUR SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR UNTUK PEMBELAJARAN TEMBANG KELAS X SMA N 1 GOMBONG


Adendang Wiji Prihatin, 2601414047 (2019) PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS CERITA BERBASIS KONTEKS SEBAGAI IMPLEMENTASI PITUTUR SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR UNTUK PEMBELAJARAN TEMBANG KELAS X SMA N 1 GOMBONG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601414047dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks Bahasa Jawa yang digunakan di sekolah seharusnya dilengkapi buku pendamping sebagai penunjang pembelajaran tembang. Hal tersebut disebabkan materi dan latihan pada buku teks masih terbatas jumlah dan jenisnya. Selama ini, dalam pembelajaran tembang belum ada buku mengenai penerapan pitutur Serat Wedhatama. Terlebih lagi bahasa dalam tembang membuat siswa sulit dalam menemukan amanat, apalagi penerapannya dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, dikembangkan buku kerja sebagai pendamping dan pelengkap buku teks untuk pembelajaran tembang kelas X SMA N 1 Gombong. Berdasarkan permasalahan yang ada, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan potret kebutuhan terhadap pembelajaran tembang materi relevansi pitutur Serat Wedhatama Pupuh Pangkur dalam kehidupan masyarakat, dan (2) menghasilkan prototipe buku kerja menulis cerita berbasis konteks sebagai implementasi pitutur Serat Wedhatama Pupuh Pangkur untuk pembelajaran tembang kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Developmen (R&D) dengan lima langkah penelitian, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan prouk awal, (4) uji validasi ahli, dan (5) revisi produk akhir. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Adapun sumber data terdiri atas siswa, guru, dan ahli. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa dan gunu membutuhkan buku kerja menulis cerita sebagai implementasi pitutur Serat Wedhatama Pupuh Pangkur dengan langkah-langkah, yaitu mengartikan kata-kata sukar, menjawab pertanyaan tentang isi, menerjemahkan tembang, mencari contoh yang relevan, dan membuat alur cerita. Kedua, produk yang dikembangkan berjudul Buku Kerja Wedhatama Jilid 1. Produk dinilai kelayakannya berdasarkan aspek materi dan media. Ketiga, produk yang dikembangkan mengalami perbaikan berdasarkan saran dari ahli media dan materi sehingga produk ini memenuhi standar kelayakan yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran tembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku kerja, pembelajaran tembang, Serat Wedhatama
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 18:41
Last Modified: 09 Jan 2020 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34469

Actions (login required)

View Item View Item