PENGEMBANGAN MEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENANGGAPI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS DESKRIPTIF MAKANAN TRADISIONAL SISWA KELAS X SMAN 1 NALUMSARI JEPARA


Maulana Ahmad, 2601414008 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENANGGAPI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS DESKRIPTIF MAKANAN TRADISIONAL SISWA KELAS X SMAN 1 NALUMSARI JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601414008dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbahasa khususnya pada teks akan lebih mudah dipahami jika adanya suatu media. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat mempermudah pemahaman dan meningkatkan minat siswa pada proses belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Media pembelajaran sebenarnya merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam membantu tugas kependidikannya. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Berdasarkan uraian diatas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan kebutuhan media flash susun kalimat bagi guru dan siswa dalam pembelajaran teks deskriptif, (2) Membuat prototipe media audio visual berbasis flash untuk pembelajaran di SMAN 1 Nalumsari kabupaten Jepara, (3) Menggambarkan hasil uji validasi media pembelajaran menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif makanan tradisioanal dengan media flash bagi siswa kelas X SMAN 1 Nalumsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dilakukan secara terbatas, antara lain (1) pengumpulan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan angket. Sumber data penelitian adalah guru bahasa Jawa dan siswa kelas X SMAN 1 Nalumsari di Kabupaten Jepara. Teknik analisis data meliputi analisis data kebutuhan dan analisis data uji validasi. Hasil analisis data kebutuhan digunakan sebagai dasar penyusunan media berbasis flash dan hasil analisis data uji validasi digunakan sebagai dasar perbaikan desain awal media berbasis flash. Hasil penelitian ini terdiri dari (1) hasil analisis kebutuhan menunjukan siswa membutuhkan media berbasis flash sebagai alternatif dalam pembelajaran teks deskriptif. Media flash dapat dioprasikan melalui smartphone untuk mempermudah penggunaan. (2) Prototipe awal media pembelajaran berbasis flash terdiri dari tiga bagian yaitu petunjuk penggunaan, isi dan latihan soal. (3) Pada validasi prototipe media berbasis flash dinyatakan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran, namun begitu terdapat beberapa perbaikan dari para ahli. (4) Perbaikan berupa layout pada pembukaan dan petunjuk penggunaan, perubahan tema, perubahan ukuran huruf, tata tulis dan keefektifan pada kalimat yang digunakan. ix Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini yaitu Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektivan dan meningkatkan kualitas media pembelajaran ini, agar dapat menjadi salah satu alternatif media yang digunakan oleh siswa dan guru bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, adobe flash, teks deskritif
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 18:12
Last Modified: 09 Jan 2020 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34464

Actions (login required)

View Item View Item