APLIKASI ‘JAJANANKU’ SEBAGAI SISTEM INFORMASI JAJANAN TRADISIONAL SE-KARESIDENAN KEDU BERBASIS ANDROID BERDASARKAN KAJIAN FOLKLOR


Arif Nugroho, 2601413083 (2019) APLIKASI ‘JAJANANKU’ SEBAGAI SISTEM INFORMASI JAJANAN TRADISIONAL SE-KARESIDENAN KEDU BERBASIS ANDROID BERDASARKAN KAJIAN FOLKLOR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601413083dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jajanan tradisional yang visible dan mendeskripsikan cara kerja purwarupa aplikasi Jajananku. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk purwarupa aplikasi Jajananku sebagai system informasi jajanan tradisional se-karesidenan Kedu berbasis android berdasarkan kajian folklore. Penelitan dilakukan terbatas pada lima kabupaten di Karesidenan Kedu dengan pembatasan setiap kabupaten diambil empat jajanan tradisional yang khas dilakukan secara acak dan terfokus pada daerah domisili peneliti dengan berbagai pertimbangan. Perbandingan pengambilan data antara lokasi domisili dan lokasi non domisili adalah 3:2 yaitu dari 50 data jajanan tradisional 30 data jajanan diambil di wilayah Kabupaten Temanggung dan 20 lainnya diambil di empat kabupaten lainnya Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan teknik deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam pengembangan penelitian adalah sebagai berikut; (1) potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik wawancara meliputi, wawancara terstruktur dan tidak tersetruktur. Simpulan dari penelitian ini adalah, pertama terdapat lima puluh jajanan tradisional yang visibel yang dikaji berdasarkan kajian folklor dan dimuat dalam aplikasi Jajananku. Kedua, cara kerja aplikasi Jajananku dapat dengan mudah dijalankan dan alur rancang bangun sesuai dengan harapan peneliti sehingga aplikasi mudah dioperasikan. Ketiga, aplikasi Jajananku dapat diakses oleh platform minimal pada sdk Ice Cream Sandwich (ICS) dengan ukuran 7 Mb. Aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan dan materi perlu ditambah agar semakin lengkap. Perlu diadakan penelitian lanjutan ke wilayah lain agar data semakin berkembang. Perlu diadakan penelitian lanjutan untuk mengembangkan purwarupa (prototipe) aplikasi Jajananku sehingga dapat mengakses data lebih cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: android, aplikasi, jajanan tradisional, kajian folklore, system informasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 17:56
Last Modified: 09 Jan 2020 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34461

Actions (login required)

View Item View Item