HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG


Rizky Harista Wulansari , 1401413269 (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (875kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yaitu pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa. Faktor tersebut sangat mempengaruhi tingkat hasil belajar siswa, karena perhatian orang tua dan gaya belajar yang tepat akan menentukan prestasi belajar yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas III SD Gugus Melati Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Gugus Melati Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Gugus Melati Kota Semarang yang berjumlah 123 siswa. Sampel penelitian sebanyak 43 siswa, diambil menggunakan teknik proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi angket pola asuh orang tua, angket gaya belajar, dan lembar wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hubungan pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,177 > 0,176) Ha diterima, (2) hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,292 > 0,176) Ha diterima, (3) hubungan pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS IPS diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,324 > 0,176), dengan demikian Ha diterima. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS tergolong kuat. Saran dari peneliti yaitu guru hendaknya memberi pengetahuan untuk siswa berkaitan dengan pola asuh orang tua dan mengenali gaya belajar siswanya, serta orang tua diharapkan menerapkan pola asuh yang tepat dan membantu anak dalam menemukan gaya belajarnya sehingga hasil belajar anak lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola asub orang tua; gaya belajar siswa; hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 15:43
Last Modified: 09 Jan 2020 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34457

Actions (login required)

View Item View Item