KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG


Dwi Suci Ponang Raras , 1401412466 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Hasil pengamatan tentang pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kota Semarang, dalam pembelajaran IPA cenderung bersifat teacher centered, sehingga pembelajaran bersifat satu arah, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran secara optimal, sehingga kemampuan siswa dalam mengumpulkan data dan membuat kesimpulan sendiri masih kurang maksimal. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh SDN Jatirejo sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual dan SDN Gunungpati 03 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal dan tes akhir dengan bentuk soal uraian. Analisis data yang digunakan yaitu t-test, uji gain dan N-gain. Hasil analisis t-test data tes akhir diperoleh thitung 2,455 > ttabel 2,028. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk mendukung hasil t-test data tes akhir tersebut, dilakukan analisis t-test data gain yang diperoleh thitung 2,452 > ttabel 2,028 dan analisis t-test data N-gain yang diperoleh thitung 2,904 > ttabel 2,028. Jadi, Ho ditolak Ha. Artinya, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual lebih besar daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional. Simpulan penelitian ini adalah (1) Guru hendaknya mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan siswa menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri; (2) Siswa hendaknya membiasakan diri untuk menggali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sehingga pengalaan belajarnya menjadi lebih bermakna; (3) Penelitian melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru, lembaga maupun pengembang pendidikan lainnya, sehingga model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual dapat memberikan sumbangan yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual; Hasil belajar IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 13:25
Last Modified: 09 Jan 2020 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34453

Actions (login required)

View Item View Item