VIDEO DOKUMENTER INSTRUKSIONAL SAINS MEMBACA INDAH GEGURITAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN MAGELANG


Gigih Rifky Faizal, 2601412113 (2019) VIDEO DOKUMENTER INSTRUKSIONAL SAINS MEMBACA INDAH GEGURITAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601412113dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu muatan lokal wajib bagi semua jenjang pendidikan SD/ MI, SMP/ MTS dan SMA/ MA/ SMK negeri maupun swasta di Propinsi Jawa Tengah. Membaca indah geguritan menjadi salah satu materi bahasa Jawa yang diajarkan di kelas VIII SMP. Permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran membaca indah geguritan antara lain, situasi kelas yang tidak kondusif, guru masih menggunakan metode mengajar konvensional, belum adanya media alternatif dalam pembelajaran serta kreatifitas guru masih kurang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran membaca indah geguritan, 2) bagaimana prototipe media dan 3) bagaimanakah kelayakan media video dokumenter instruksional membaca indah geguritan untuk siswa kelas VIII SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mngetahui kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran membaca indah geguritan, 2) untuk mengetahui prototipe media dan 3) mengetahui kelayakan media video dokumenter instruksional membaca indah geguritan untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan ahli. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data, guru dan siswa membutuhkan adanya sebuah pengembangan media pada pembelajaran materi membaca indah geguritan berupa video dokumenter instruksional membaca indah geguritan untuk kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan disusunlah prototipe media berupa video dokumenter siswa belajar membaca bersama ahli. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli media dan materi. Menurut kedua ahli, media video documenter instruksional sains membaca indah geguritan sudah dianggap baik dan layak, tetapi memerlukan beberapa perbaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video dokumenter , instruksional sains, membaca indah geguritan
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:06
Last Modified: 09 Jan 2020 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34450

Actions (login required)

View Item View Item