Hubungan antara Sikap terhadap Aktivitas Pembelajaran dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006.

Iis Winarti, 1314000043 (2005) Hubungan antara Sikap terhadap Aktivitas Pembelajaran dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara Sikap terhadap Aktivitas Pembelajaran dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (73Kb)

    Abstract

    Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu sikap. Perasaan suka/ tidak suka siswa terhadap aktivitas pembelajaran di sekolah dapat mempengaruhi motivasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap aktivitas pembelajaran dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis. Dengan instrumen skala sikap sebanyak 81 butir item dan instrumen skala motivasi sebanyak 52 butir item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan deskripsi persentase. Dari perhitungan diperoleh deskriptif sikap terhadap aktivitas pembelajaran 73,81% yang mengacu pada kategori cukup baik. Dan deskriptif tentang motivasi 72,41% yang mengacu pada kategori cukup tinggi. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap aktivitas pembelajaran dengan motivasi belajar menggunakan teknik korelasi product moment. Sebelum dihitung korelasinya maka data dijui dengan uji normalitas. Perhitungan uji normalitas didapat signifikasi sebesar 0,93 untuk skala sikap dan 0,99 untuk skala motivasi. Untuk perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga sebesar 0,52 pada taraf signifikasi 5% dan N = 40. Harga ini menyimpulkan bahwa ada korelasi positif dan berarti pada hubungan antara sikap terhadap aktivitas pembelajaran dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu bahwa ada korelasi positif antara Sikap terhadap Aktivitas Pembelajaran dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2005/2006. Hubungan yang positif tersebut mengarahkan rekomendasi penelitian ini agar guru pembimbing menumbuhkan sikap yang positif terhadap aktivitas pembelajaran dan mempertinggi motivasi belajar siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan konseling.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 01:53
    Last Modified: 16 Aug 2011 01:53

    Actions (login required)

    View Item