PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG MELALUI LINGKARAN ANGKA DAN POTREK UNTUK ANAK USIA 10-12 TAHUN DI DESA SUKOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL


Liza Ambarwati, 2601412069 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG MELALUI LINGKARAN ANGKA DAN POTREK UNTUK ANAK USIA 10-12 TAHUN DI DESA SUKOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601412069dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan media permainan tradisional cublak-cublak suweng yang masih kurang menarik di Desa Sukomulyo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Di disi lain keberadaan media sangat penting bagi lestarinya permainan tradisional. Media dapat memberi hiburan bagi anak-anak yang memainkannya. Manfaat media yang sangat besar tersebut tidak diimbangi dengan pengembangannya. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media permainan tradisional cublak-cublak suweng dengan lebih modern. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan anak usia 10-12 tahun di Desa Sukomulyo terhadap media permainan tradisional cublak-cublak suweng yang kurang memadai. Bagaimana draft media yang ada (krikil) terhadap prototipe media yang baru (lingkaran angka dan potrek), serta bagaimana validasi prototipe terhadap media permainan tradisional cublak-cublak suweng. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan anak usia 10-12 tahun di Desa Sukomulyo, menyusun prototipe terhadap media permainan tradisional cublak-cublak suweng, serta mendeskripsikan hasil validasi prototipe media permainan tradisional cublakcublak suweng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah survei pendahuluan (pengumpulan informasi) terhadap media permainan tradisional cublak-cublak suwengdi Desa Sukomulyo, pembuatan prototipe media permainan tradisional cublak-cublak suweng.validasi desain dan materimedia permainan tradisional cublak-cublak suweng, dan revisi prototipe terhadap media permainan tradisional cublak-cublak suweng. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket (angket kebutuhan dan angket validasi), dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan media permainan tradisional cublak-cublak suwengsesuai dengan kebutuhan anak usia 10-12 tahun di Desa Sukomulyo. Media tersebut berisi lagu cublak-cublak suweng dan media potrek berisi gambar-gambar tentang budaya jawa, selanjutnya diujikan kepada ahli. Kemudian viii dilakukan perbaikan sesuai dengan saran ahli. Perbaikan tersebut di antaranya yaitu: (1) perbaikan tampilan (2) aspek penyajian, (3) aspek isi (4) aspek kebahasaan. Prototipe telah direvisi oleh ahli. Saran yang dapat diberikan terhadap penelitian ini yaitu perlu adanya pengembangan media permainan tradisional cublak-cublak suweng dengan lebih variatif dengan bermain warna dan desain sesuai dengan usia anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media permainan tradisional.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:56
Last Modified: 09 Jan 2020 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34449

Actions (login required)

View Item View Item