EVALUASI PEMBELAJARAN SENI TARI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 32 SEMARANG


Muhammad Saifullah , 2501414175 (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN SENI TARI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 32 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501414175dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran seni tari Kurikulum 2013 menitik beratkan pada bentuk evaluasi pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ingin mengetahui apakah evaluasi pembelajaran seni tari di SMP Negeri 32 Semarang telah menjalankan pendekatan saintifik. Permasalahan penelitian dalam evaluasi pembelajaran seni tari Kurikulum 2013 di SMP Negeri 32 Semarang yaitu diasumsikan apakah guru sudah menjalankan Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan pendidikan seni. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran seni tari KD 3.2 metode saintifik Kurikulum 2013 bahwa guru menerapkan tahap-tahap pembelajaran mulai dari persiapan (Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan (guru, siswa, tujuan, metode saintifik, KBM, alat, bahan ajar, media, dan sumber belajar), dan penutup (hasil pembelajaran). Proses evaluasi pembelajaran seni tari KD 3.2 memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai Kurikulum 2013 di SMP Negeri 32 Semarang bahwa guru belum menerapkan pencarian informasi melalui internet dalam proses evaluasinya, yang mengacu pada metode saintifik. Kesimpulan pelaksanaan evaluasi pembelajaran seni tari metode saintifik KD 3.2 memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai Kurikulum 2013 sudah baik, namun perlu lebih dioptimalkan kembali dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan metode saintifik. Saran kepada guru seni tari dalam melakukan evaluasi pembelajaran seni tari menggunakan metode saintifik berdasarkan Kurikulum 2013 hendaknya guru memanfaatkan media internet yang ada untuk menunjukan berbagai macam video tari kepada siswa. Siswa dipacu supaya lebih aktif mencari video tari dilamanlaman internet dalam proses evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Pendekatan Saintifik, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:38
Last Modified: 09 Jan 2020 11:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item View Item