PEMBELAJARAN VOKAL MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMA N 3 TEMANGGUNG


Fajar Setyo Hermawan, 2501414162 (2019) PEMBELAJARAN VOKAL MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMA N 3 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501414162dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran vokal di SMA N 3 Temanggung dilaksanakan menggunakan metode tutor sebaya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana proses pembelajaran vokal menggunakan metode tutor sebaya di SMA N 3 Temanggung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam pengetahuan dan perkembangan proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya di bidang seni musik maupun pada bidang studi yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, waktu dan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran vokal menggunakan metode tutor sebaya di SMA N 3 Temanggung dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu: (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Pelaksanaan, dan (3) Tahap evaluasi. Pada tahap persiapan guru membuat RPP serta mencari bahan-bahan materi yang akan disampaikan saat proses pembelajaran berlangsung. Pada tahapan pelaksanaan guru membagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan dengan rincian guru memberikan salam dan guru memeriksa kehadiran siswa, kemudian kegiatan inti yaitu guru memberikan materi kepada siswa selanjutnya proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya berlangsung, Siswa yang sudah memahami materi ditunjuk oeh guru untuk menjadi tutor bagi siswa-siswa yang lain. Proses pembelajaran tutor sebaya ini juga sangat efektif dan efisien karena siswa merasa tidak ada rasa canggung maupun malu untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan oleh guru dan yang terakhir adalah kegiatan penutup yang berisi simpulan dari materi teori dan praktik yang disampaikan. Pada tahapan evaluasi guru mengambil nilai hasil belajar para siswa, setelah itu guru mendapatkan catatan tentang kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran vokal menggunakan metode tutor sebaya tersebut dan dapat dijadikan acuan agar proses pembelajaran selanjutnya dapat lebih baik. Saran: (1) Bagi pihak sekolah agar selalu meningkatkan fasilitas serta sarana dan prasarana agar proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan efisien; (2) Bagi guru mata pelajaran seni musik agar selalu mengembangkan media pembelajaran dan berinovasi agar proses pembelajaran lebih menarik dan meningkatkan minat dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Vokal, Metode Tutor Sebaya
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:35
Last Modified: 09 Jan 2020 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34444

Actions (login required)

View Item View Item