METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA (SMI)


Respati Palguna Widya Iswari, 2501414115 (2019) METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA (SMI). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501414115maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Usia dini merupakan masa emas perkembangan otak anak. Pada masa itu terjadi lonjakan yang luar biasa pada perkembangan anak pada kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Karakteristik perkembangan anak usia dini ditandai dengan perkembangan motorik, perkembangan bahasa, perkembangan emosi, perkembangan sosial, dan perkembangan intelegensi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah metode imitasi dalam pembelajaran vokal anak usia dini dengan menggunakan pendekatan psikologi anak di Sekolah Musik Indonesia (SMI). Adapun tujuan penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan tentang metode imitasi dalam pembelajaran vokal anak usia dini dengan menggunakan pendekatan psikologi anak di Sekolah Musik Indonesia (SMI). Manfaat penelitian ini diharapkan sebagai sumbangan pemikiran untuk lebih dimengerti tentang metode imitasi dalam pembelajaran vocal anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan objek penelitian Sekolah Musik Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan psikologi anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan metode imitasi di Sekolah Musik Indonesia Semarang yaitu pemberian contoh dari instruktur dalam pelafalan lirik lagu dan gerakan, instruktur terlebih dahulu menyanyikan lagu kemudian diikuti oleh siswa, instruktur menyanyikan lagu secara keseluruhan khususnya lagu yang belum pernah didengar oleh siswa, instruktur memberikan pengarahan gerak dan ekspresi pada saat menyanyikan lagu. Pendekatan psikologi anak yang digunakan dalam pembelajaran vocal pada anak usia dini digunakan untuk memahami saat siswa sedang mood/tidak mood dan cara pendekatan tergantung anak, karena karakter masing-masing anak berbeda-beda. Pendekatan psikologi anak dalam pembelajaran vokal di SMI Semarang meliputi aspek perkembangan emosi anak, kepribadian, bahasa dan sosial. Aspek psikologi anak berdasarkan kemampuan dan umur siswa agar dapat beradaptasi dengan rekan sekelompoknya ketika melakukan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Imitasi, Pembelajaran Vokal, Pendekatan Psikologi Anak.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:28
Last Modified: 09 Jan 2020 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34442

Actions (login required)

View Item View Item