Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa kelas II SMA Negeri 1 Kejobong Tahun Pelajaran 2004/2005.

Putu Purnaretna Sukmanti, 1314000042 (2005) Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa kelas II SMA Negeri 1 Kejobong Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa kelas II SMA Negeri 1 Kejobong Tahun Pelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (79Kb)

    Abstract

    Keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Selain itu keluarga juga merupakan fondasi primer bagi perkembangan anak, karena keluarga merupakan tempat anak untuk menghabiskan sebagian besar waktu dalam kehidupannya. Pembentukan konsep diri seseorang turut ditentukan oleh keluarga sebab seorang individu akan memperlakukan dirinya dan cenderung memilih individu lain yang sekiranya dapat memperlakukan dirinya seperti perlakuan yang diperoleh dalam lingkungan sebelumnya dalam hal ini adalah keluarganya. Berdasarkan uraian tersebut timbul keinginan penulis untuk meneliti tentang : 1) Bagaimanakah profil keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa kelas II SMA Negeri I Kejobong Purbalingga Tahun Pelajaran 2004/2005, dan 2) Adakah hubungan antara keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Ingin mendapatkan informasi secara objektif tentang keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa kelas II SMA Negeri I Kejobong Purbalingga Tahun Pelajaran 2004/2005, dan 2) Mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMA Negeri 1 Kejobong Purbalingga Tahun Pelajaran 2004/2005 sebanyak 170 siswa yang terbagi dalam 4 kelas . Sampel diambil secara random sampling sebanyak 43 siswa yang diambil dari tiap-tiap kelas antara 10 – 11 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu keharmonisan keluarga sebagai variabel bebas dan konsep diri siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga siswa kelas II SMA Negeri 1 Kejobong purbalingga adalah harmonis dengan persentase 73,7% sedangkan konsep diri siswa termasuk kategori cukup baik dengan persentase 58,5%. Hasil analisis korelasi memperoleh koefisien korelasi 0,672. Pada � = 5% dengan N = 43 diperoleh rtabel = 0,301. Karena rhitung = 0,672 > rtabel = 0,301, yang berarti Ada hubungan antara keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa kelas II di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis dapat mengajukan saran antara lain : 1) Bagi para siswa hendaknya menerapkan normanorma dan aturan-aturan yag dipelajarinya dari orang tua sehingga mampu bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar keluarga dalam rangka mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru, belajar memerankan diri sebagai remaja yang dewasa, bergaul secara wajar, mendapatkan kepuasan akan keadaan dirinya dan mampu mengambil sikap dan tindakan yang bertangung jawab, dan 2) Perlunya kerja sama antara guru pembimbing dengan wali kelas untuk memberikan bimbingan dan perhatian terhadap siswa-siswa yang tingkat konsep dirinya kurang baik melalui peningkatan kemampu mengendalikan emosi siswa, meningkatkan kemampuan siswa untuk mengenali kemampuan dan ketidakmampuannya, mempertegas sikap siswa tentang kondisi saat ini dan harapan masa depannya, menghilangkan perasaan malu siswa yang berlebihan dan meningkatkan kemampuan penyesuaian diri para siswa

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 01:46
    Last Modified: 16 Aug 2011 01:47

    Actions (login required)

    View Item