PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER GERAK DAN LAGU FROZEN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PAUD AISYIYAH


Shofnia Nur Ulfia , 2501414009 (2019) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER GERAK DAN LAGU FROZEN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PAUD AISYIYAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501414009dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (838kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah suatu kemampuan individu untuk bekerja sama, berhubungan baik dengan orang lain, mampu berempati dan memahami perasaan dan kebutuhan orang lain selama berinteraksi. Penanaman kecerdasan interpersonal di sekolah dapat diintegrasikan dalam konteks pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembelajaran gerak dan lagu di PAUD Aisyiyah Procot Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal dan menganalisis proses penanaman kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran ekstrakurikuler gerak dan lagu di PAUD Aisyiyah Procot Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, waktu. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pembelajaran ektrakurikuler gerak dan lagu meliputi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, evaluasi dan daya dukung. Komponen pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler gerak dan lagu Frozen yaitu guru,siswa, tujuan, bahan ajar, kegiatan pembelajaran, metode, alat dan evaluasi. Proses pembelajaran ekstrakurikuler gerak dan lagu terdiri dari 3 tahap yaitu tahap awal, inti, dan penutup. Proses Penanaman Kecerdasan Interpersonal dilakukan oleh guru meliputi, 1) penanaman kecerdasan interpersonal bekerja sama. 2) penanaman kecerdasan interpersonal Berempati 3) penanaman kecerdasan interpersonal mengorganisasi sekelompok orang menuju suatu tujuan bersama. 4) penanaman kecerdasan interpersonal mengenali dan membaca pikiran orang lain 5) penanaman kecerdasan interpersonal berteman atau menjalin kontak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Implikasi Kecerdasan Interpersonal dapat ditanamkan atau distimulus melalui pembelajaran gerak dan lagu. Saran yang diberikan peneliti adalah Sekolah perlu menambah jam pembelajaran ekstrakurikuler untuk hasil yang maksimal dari minat siswa dan penerapan penanaman kecerdasan interpersonalnya. Guru lebih kreatif dan interaktif dalam mengajar serta mengamati secara mendetail masing-masing siswa sehingga perkembangan kemampuan, bakat siswa serta kecerdasan interpersonal yang ditanamkan bisa diterapkan secara sempurna. Siswa diharapkan lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran tari serta patuh terhadap guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Pembelajaran Tari, PAUD
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:07
Last Modified: 09 Jan 2020 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item