MUSIK REBANA GITA NADA SD N DEPOK 01 DI KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG: KAJIAN ARANSEMEN MUSIK DAN BENTUK PENYAJIAN


Diah Ayu Anggiani, 2501414001 (2019) MUSIK REBANA GITA NADA SD N DEPOK 01 DI KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG: KAJIAN ARANSEMEN MUSIK DAN BENTUK PENYAJIAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501414001dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rebana Gita Nada merupakan rebana modern yang terbentuk dari ekstrakurikuler di SD N Depok 01 dengan beberapa keunikan di aransemen dan bentuk penyajiannya sehingga grup ini sering menjuarai perlombaan dan juga eksis di masyarakat khususnya masayarakat desa Depok kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan di atas, maka permasalahan pokok yang akan dikaji adalah bagaimana aransemen musik dan bentuk penyajian dari grup musik rebana Gita Nada SD N Depok 01 di kecamatan Kandeman kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi. Dan teknik analisis datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rebana Gita Nada merupakan grup musik rebana modern dengan aransemen campuran. Ada dua bentuk aransemen yang digunakan yaitu aransemen rebana klasik dan aransemen rebana modern. Perbedaan dari keduanya dilihat dari instrumen yang digunakan sedangkan untuk struktur sajian aransemennya sama yaitu introduksi, lagu pokok, interlude, dan coda. Bentuk pertunjukan dari grup musik rebana Gita Nada yaitu ansambel musik campuran. Hal yang dikaji dari pertunjukan musik rebana Gita Nada menurut bentuk penyajiannya yaitu urutan penyajian, tata panggung, tata rias, tata busana, tata suara, tata lampu, dan formasi. Urutan penyajiannya disesuaikan dengan acara biasanya terdiri dari pembukaan, pembukaan inti, dan penutup. Tata panggung biasanya berbentuk persegi panjang atau huruf T. Kemudian tata rias menggunakan penata rias dari guru perempuan SD N Depok 01 untuk menghemat biaya. Busana yang dimiliki oleh grup tersebut sudah lebih dari lima pasang model busana. Selanjutnya, tata suara meggunakan bantuan sound system yaitu mikropon, audio maker, power amplifier, dan loudspeaker. Tata lampu biasanya menggunakan lampu kuning sorot. Kemudian untuk formasi biasanya mengikuti tata panggung yang tersedia. Saran peneliti untuk grup musik rebana Gita Nada untuk aransemen hendaknya lebih bervariasi dalam struktur sajian aransemennya. Kemudian mengenai instrumen yang digunakan, akan lebih baik apabila alat musik modernnya ditambah dengan biola agar kesan kasidahnya lebih terlihat. Proses latihan dari grup ini juga perlu ditambah agar lebih menguasai aransemen dari lagu yang akan dimainkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rebana, Aransemen Musik, Bentuk Penyajian
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:04
Last Modified: 09 Jan 2020 11:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34435

Actions (login required)

View Item View Item