Kecenderungan Ekstraversi Pola Kepribadian Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004/ 2005.


Arifatul Istifaroh, 1314000040 (2005) Kecenderungan Ekstraversi Pola Kepribadian Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004/ 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kecenderungan Ekstraversi Pola Kepribadian Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004/ 2005.]
Preview
PDF (Kecenderungan Ekstraversi Pola Kepribadian Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004/ 2005.) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu persyaratan kepribadian seorang koselor yaitu konselor harus bersifat terbuka sehingga mahasiswa Bimbingan dan Konseling sebagai calon konselor setidaknya bersifat terbuka. Untuk itu penulis ingin meneliti kecenderungan ekstraversi mahasiswa Bimbingan dan Konseling sebagai calon konselor. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kecenderungan eksraversi pola keprbadian mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FIP UNNES tahun akademik 2004/2005. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecenderungan ekstraversi pola kepribadian mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang tahun akademik 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2000/2001 sampai dengan angkatan 2003/2004 sebanyak 189 mahasiswa. Pengambilan sampel dengan tehnik stratified proportional random samling. Karena populasinya terdiri dari lima kelas maka masing-masing kelas diambil 50 % secra acak dan representatif, sampelnya sebanyak 95 mahasiswa. Uji coba dilakukan terhadap mahasiswa BK di luar sampel yaitu mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2004/2005. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan skala psikologi (skala kecenderungan ekstraversi). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil uji validitas menggunakan rumus product moment dengan taraf signifikansi 5 % dan N = 30, diperoleh r tabel = 0,361. Dengan demikian instrumen dikatakan valid serta siap digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebesar 6,32 % mahasiswa Bimbingan dan Konseling termasuk dalam kategori sangat tinggi; 26,32 % termasuk dalam kategori tinggi; 38,84 % termasuk dalam kategori sedang dan 24,21 % dalam kategori rendah kemudian 6,32 % termasuk dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil perbandingan antara mean empirik dengan mean hipotetik diperoleh mean empirik sebesar 146,98 > mean hipotetik sebesar 125 dengan standar deviasi (SD) = 14,67 dan mean = 146,98. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan ekstraversi pola kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNNES adalah tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang ditujukan kepada dosen dan mahasiswa. Saran kepada mahasiswa Bimbingan dan Konseling yaitu: mahasiswa yang kurang kaya akan prakarsa dan gagasan hendaknya rajin mengunjungi perpustakaan untuk memperbanyak diri membaca buku dan menambah wawasan, belajar aktif berbicara di depan kelas atau di depan orang banyak, lebih menunjukkan rasa simpati dan toleransi, serta dapat menikmati suasana kerjasama dalam kelompok. Saran kepada jurusan yaitu jurusan disarankan untuk mengambil kebijakan agar mahasiswa berlatih bersifat terbuka baik melalui diskusi maupun menerapkan teori Johari Window.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:43
Last Modified: 16 Aug 2011 05:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item