PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU CERITA PAK TANAM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG PERTANIAN UNTUK ANAK DI KAMPUNG DONGENG TEGAL


Anandita Dyah Rengganis , 2411414007 (2019) PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU CERITA PAK TANAM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG PERTANIAN UNTUK ANAK DI KAMPUNG DONGENG TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2411414007dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kampung Dongeng Indonesia adalah komunitas sosial yang secara terus menerus akan melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas dan berkarakter baik yang memiliki serangkaian kegiatan diantaranya pengembangan minat dan hobi membaca. Kampung Dongeng Tegal digawangi oleh Tedi Kartino yang akrab dengan sapaan Kak Tedi. Kak Tedi mengungkapkan tentang kasih sayangnya kepada anak-anak, serta kepeduliannya terhadap masa depan pertanian sehingga ia menciptakan tokoh bernama Pak Tanam, seorang petani sukses yang bersahaja. Cerita pak tanam memberikan pembelajaran tentang dunia pertanian, sekaligus mengajak anak untuk menghargai serta mencintai perkerjaan petani. Berkaitan dengan kepedulian Kampung Dongeng Tegal terhadap dunia pertanian dan dongeng Pak Tanam yang belum pernah divisualisasikan, maka penulis diminta untuk merancang buku cerita bergambar, baik sebagai arsip Kampung Dongeng Tegal maupun media untuk pembelajaran tentang pertanian kepada anak. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas Ivory 260 gsm untuk cover dan kertas kertas CTS 150 gsm untuk isi buku. Teknik berkarya dimulai dari pembuatan sketsa manual dengan menggunakan pensil 2B diatas kertas HVS, yang selanjutnya di transfer ke dalam komputer menggunakan scanner. Kemudian dilakukan proses pemberian outline dan pewarnaan menggunakan software Adobe Photoshop CC untuk selanjutnya dilayout dan diberikan teks narasi menggunakan software CorelDRAW X8. Kemudain dicetak dan dijilid menjadi sebuah buku cerita bergambar. Proses berkarya meliputi: (1) Pencarian Ide, (2) Penetapan Tujuan, (3) Analisis Khalayak Sasaran, (4) Pengumpulan Data, (5) Pra Produksi, meliputi perancangan konten buku cerita bergambar, penggambaran karakter, pembuatan storyboard (6) Produksi, meliputi pembuatan sketsa dan outline, proses pewarnaan, layout dan pemberian teks, konsultasi karya, print out dan finishing (7) Pasca Produksi. Karya proyek studi ini sudah menghasilkan sebuah rancangan (dummy) buku cerita bergambar Pak Tanam dan memberikan pengenalan tentang dunia pertanian untuk anak di Kampung Dongeng Tegal. Buku cerita ini diharapkan dapat menarik minat anak-anak untuk lebih mengenal, menghargai, bahkan mencintai dunia pertanian. Buku ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dalam bentuk buku cerita dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif serta bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Pak Tanam, Ilustrasi, Pertanian, Anak.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:29
Last Modified: 09 Jan 2020 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34427

Actions (login required)

View Item View Item