PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MINUMAN HERBAL GENDHIS MANES SEMARANG


Ardila Azizi Qori , 2411314019 (2018) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MINUMAN HERBAL GENDHIS MANES SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2411314019dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pembuatan media promosi minuman herbal Gendhis Manes ini berawal dari kurang maksimalnya Gendhis Manes dalam memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Media promosi yang ada saat ini cenderung kurang inovasi dan kurang komunikatif dalam mengkomunikasikan produk melalui konten gambar. Dari permasalahan tersebut, akhirnya munculah tujuan untuk membuat konten media promosi yang efisien, komunikatif, serta dapat mengedukasi pembeli mengenai produk-produk Gendhis Manes. Proses perancangan proyek studi tugas akhir ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu pra produksi (observasi, studi kepustakaan, mencari dan menemukan permasalahan, penetapan tujuan, penetapan konsep, penyelesaian masalah), proses produksi dalam merancang fotografi dan desain ilustrasi (pembuatan konsep, sketsa konsep, persiapan, pengambilan gambar, proses editing), dan yang ketiga adalah pasca produksi (mengunggah, display karya, penulisan laporan, serta pertanggungjawaban karya). Hasil dari proses tersebut menghasilkan media promosi yang berisi konten fotografi dan e-poster. E-poster sendiri berisi berbagai macam jenis konten yang akan diunggah di sosial media. Sementara untuk konten fotografi, akan diunggah di sosial media Instagram. Keseluruhan jenis konten disesuaikan dengan media yang digunakan dan informasi yang dibutuhkan, sehingga tujuan promosi dapat tercapai. Media promosi ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu Gendhis Manes dalam menarik perhatian pihak-pihak terkait seperti calon konsumen maupun calon distributor. Beberapa saran yang dapat direkomendasikan yaitu: (1) Bagi Pemerintah, terutama UMKM Center, sebaiknya memberikan penyuluhan kepada para UKM maupun Koperasi mengenai kiat-kiat dalam membuat media promosi yang komunikatif, sehingga dapat mengkomunikasikan produk hanya melalui sebuah gambar; (2) Bagi mahasiswa, khususnya di bidang desain, diharapkan dapat mendesain dan menghasilkan karya yang baik, inovatif, komunikatif, dan mengedukasi sesuai dengan pihak yang dituju sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif melalui karya yang dihasilkan; (3) Bagi perusahaan maupun UKM, untuk senantiasa berinovasi dan memanfaatkan promosi dalam bentuk apapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media promosi, Minuman Herbal
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:22
Last Modified: 09 Jan 2020 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34426

Actions (login required)

View Item View Item