PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN “JENANG DODOL SARI RASA PACITAN”
Khairul Ikhwan, 2411314008 (2018) PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN “JENANG DODOL SARI RASA PACITAN”. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jenang Dodol Sari Rasa merupakan salah satu toko oleh-oleh makanan yang berada di kota Pacitan. Toko oleh-oleh ini didirikan sejak tahun 2000 oleh pasangan suami istri yaitu bapak Nasrudin dan ibu Eny Sri Susilowati. Toko Oleh-oleh ini selain membuat dan menjual Jenang sebagai produk utamanya juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh makanan khas Pacitan lainnya. Tujuan Tugas Akhir ini adalah merancang ulang desain kemasan sebagai karya utama, selain logo dan aset komunikasi visual lainnya. Dalam mendesain kemasan produk Jenang Dodol Sari Rasa dipilih konsep kemasan yang menarik dan informatif seperti adanya illustrasi batik Pacitan dan juga peta wisata Pacitan sebagai daya tarik utama kemasan. Secara garis besar, proses perancangan Tugas Akhir ini melalui 4 tahap yaitu (1) Proses premilinary (wawancara, dokumentasi, studi pustaka), (2) proses pra-produksi (sketsa, alternative desain), (3) proses produksi (komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan klien), dan (4) proses pasca produksi (penyajian karya). Dalam berkarya, teknik cetak yang digunakan meliputi digital printing dan border. Perancangan Tugas Akhir ini menghasilkan; (1) Logo, (2) Kemasan, (3) Stationary set, (4) Uniform. Ciri umum desain yang dibuat selalu menampilkan logo Jenang Dodol Sari Rasa, kemasan dan foto produk, Perancangan karya identitas visual ini diharapkan dapat meningkatkan citra perusahaan, memperluas segmentasi pasar, juga memberikan sebuah citra atau image yang baik di hadapan konsumen yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Bagi pihak toko oleh-oleh Jenang Dodol Sari Rasa, dengan adanya perancangan identitas visual ini diharapkan dapat direalisasikan, sehingga bisa membantu dalam hal menarik perhatian dan mempengaruhi calon konsumen secara efektif, kreatif dan informatif guna memperluas dan memperkuat volume pemasaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perancangan, identitas visual, desain kemasan, jenang dodol pacitan |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 06:12 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 06:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34424 |
Actions (login required)
View Item |