ANALISIS ISI BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN KELAS X KOTA SEMARANG DENGAN ACUAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM INTERNASIONAL PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN


Astrid Antheosiaaretes Apodekta Purnomo, 2404415028 (2019) ANALISIS ISI BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN KELAS X KOTA SEMARANG DENGAN ACUAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM INTERNASIONAL PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2404415028dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar adalah komponen yang penting dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, siswa dan guru membutuhkan buku ajar yang baik, yang sesuai dengan acuan-acuan resmi yang ada. Di Indonesia, acuan yang berlaku saat ini adalah Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi ditemukan fakta bahwa pembelajaran Bahasa Mandarin di 4 SMA Kota Semarang masih menggunakan buku dan materi yang sangat beragam. Hal ini akan mempengaruhi level pengajaran dan kualitas lulusan yang beragam. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini penulis berusaha menganalisis isi bahan ajar 4 SMA di Kota Semarang dengan menggunakan Kurikulum 2013 dan KIPBM sebagai acuan. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku di Indonesia sekarang, sedangkan KIPBM berada di bawah bantuan Hanban/Pusat Institut Konfusius guna memenuhi kebutuhan banyak Negara akan keseragaman pendidikan bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi materi bahan ajar Bahasa Mandarin kelas X SMA Kota Semarang dengan kurikulum 2013 serta mengetahui kesesuaian isi materi bahan ajar (yang sesuai dengan kurikulum 2013) dengan Kurikulum Internasional Pendidikan Bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena penulis menjabarkan tingkat kesesuaian isi bahan ajar dengan acuan Kurikulum 2013 dan KIPBM. Berdasarkan hasil penghitungan persentase akhir analisis acuan Kurikulum 2013, bahan ajar Xiandai Hanyu Bahasa Mandarin Modern (SMA Kebon Dalem Semarang) kurang sesuai dengan Kurikulum 2013, bahan ajar 五百字说汉语 Lima Ratus Kata Berbicara Mandarin Basic (SMA Nusa Putera Semarang) cukup sesuai dengan Kurikulum 2013, bahan ajar Xin HSK tingkat 1 (SMA Sedes Semarang) dan bahan ajar 标准教程 2 Panduan Persiapan HSK 2 (SMA Tritunggal Semarang) sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Sedangkan hasil analisis acuan KIPBM, bahan ajar Xiandai Hanyu Bahasa Mandarin Modern kurang sesuai dengan KIPBM, bahan ajar 五百字说汉语 Lima Ratus Kata Berbicara Mandarin Basic tidak sesuai dengan KIPBM, bahan ajar Xin HSK tingkat 1 dan bahan ajar 标准教程 2 Panduan Persiapan HSK 2 tidak sesuai dengan kalimat KIPBM, dan kurang sesuai dengan kosakata KIPBM. Kesesuaian materi yang ditemukan hanya terbatas pada sub-bab dan bukan pada materi bab secara keseluruhan, penempatannya pun tidak berurutan. Oleh sebab itu perlu diadakan evaluasi terhadap masing-masing bahan ajar yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Bahan Ajar, Kurikulum 2013, KIPBM
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:03
Last Modified: 09 Jan 2020 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34423

Actions (login required)

View Item View Item