ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA SAMBUNG (连词) 虽然...但是, 即使...也 , DAN 无论...都 DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Aniqotul Farikhah , 2404414024 (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA SAMBUNG (连词) 虽然...但是, 即使...也 , DAN 无论...都 DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2404414024dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata sambung merupakan salah satu jenis kata yang memegang peranan penting dalam kalimat, yaitu dalam membangun sebuah kalimat. Kata sambung 虽 然...但是, 即使...也, 无论...都 merupakan kata sambung yang penggunaannya mirip atau bahkan sama. Jika ketiga kata sambung tersebut digunakan dalam satu kalimat yang sama, maka makna dari kalimat tersebut berbeda, bergantung dari kondisi keadaan kalimat tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti menduga adanya kesulitan yang dialami oleh mahasiswa angkatan 2015 yang telah mempelajari tata bahasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam menggunakan kata sambung 虽然...但是, 即使...也 , 无论...dan cara mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Bentuk penelitiannya adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan yang sering terjadi pada mahasiswa pembelajar bahasa Mandarin adalah terpengaruhnya bahasa ibu, selain itu kurangnya pemahaman tentang penguasaan ketiga kata sambung tersebut serta salah susun kata pada suatu kalimat menyebabkan kalimat menjadi rancu dan salah makna. Minimnya kosakata yang dimiliki oleh mahasiswa juga menyebabkan mahasiswa sering keliru dan bingung dalam membuat sebuah kalimat. Mahasiswa juga seringkali kurang teliti dalam mengerjakan soal atau salah menulis hanzi serta memilih membiarkan jawaban kosong karena tidak mengerti arti kalimat pada soal.Solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah mahasiswa pembelajar bahasa Mandarin perlu memperbanyak latihan soal agar terbiasa dan terlatih menggunakan bahasa mandarin terutama dalam menggunakan kata sambung 虽然...但是, 即使...也, 无论...都 serta memahami makna dan perbedaan ketiga kata sambung tersebut, memperbanyak review, dan memperbanyak kosakata bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, tata bahasa mandarin, kata sambung, 虽然... 但是, 即使...也, 无论...都
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:33
Last Modified: 09 Jan 2020 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item View Item